Rabu, 28 Desember 2011

Cara Recovery Win XP di Acer Aspire One D150, D250

Hari ini gak ngeliat gubuk baru saya kok kangen ya, mungkin karena ketumbenan ngeblog di blogspot eh jadi bawaannya pengen ngutak-atik aja. Setelah buka-buka kok kasian banget isi blog cuma empat ekor, yah jadi saya putuskan untuk mengisi artikel ini dengan mengambil postingan yang ada di WP.com saya, tentunya dengan langsung menghapus tulisan aslinya agar gak terlihat copy paste. Loh kok jadi ngelantur sih?
 
Baiklah, kali ini saya akan mencoba berbagi Tips dan Trik Cara Recovery Win XP di Acer Aspire One D150, D250, mungkin beberapa dari sahabat aada yang menggunakan Notebook yang satu ini.
Anda yang membeli Netbook terutama seri Acer One tentu saat menerima barang sering bertanya, Mana CD Recovery Windows XP Home editionnya? (pada merk HP, Lenovo dan lainnya juga ada yang tidak menyediakan CD Recovery).

CD Recovery untuk netbook (bahkan juga di Notebook) yang terinstall original O/S (Vista atau XP) sebenarnya sudah disimpan didalam HDD dalam Partisi yang disembunyikan. Kita bisa membuat CD Recovery nya dengan menjalankan software CD Recovery yang disertakan dalam Preinstalled O/S yang sudah jalan di Netbook/Notebook.

Sebaiknya setiap membeli Netbook/notebook yang sudah terintegrated O/S di HDD dan tanpa disertai CD Recovery, maka kegiatan paling awal sekali sebelum menginstall Software lain dan modifikasi O/S adalah membuat CD Recovery. Dengan harapan bila suatu saat HDD bermasalah (baik fisik atau Software) masih ada backup CD Recovery yang bisa digunakan untuk instalasi O/S.
Selain melalui CD Recovery, kita dapat juga menginstall ulang O/S melalui setup awal setelah BIOS aktif di Netbook atau Notebook, yaitu dengan cara menekan beberapa tombol kombinasi.
Berikut tombol kombinasi Untuk ACer One D150, D250 dan beberapa netbook lain :

ALT + F10 (tekan secara bersamaan).

Sesaat setelah masuk BIOS menjelang Masuk Windows, segera tekan bersamaan Tombol ALT + F10 ini. Bila timingnya tepat maka anda akan masuk menu recovery/restore O/S yang ada di dalam HDD. nanti akan ada pilihan, menghapus semua dan menginstall ke kondisi Default dengan semua data akan dihapus, atau pilihan hanya menginstall O/S nya saja dengan data tetap dipertahankan.

Demikian Cara Recovery Win XP di Acer Aspire One D150, D250.
Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. nice info ..

    kalo saya pake acer aspire 4738z sob :D

    BalasHapus